Unordered List

Sabtu, 22 September 2018

Wisata Populer

 Wisata Yang Lagi Hitz di Ngawi


     Kabupaten Ngawi merupakan sebuah kabupaten yang berada di Jawa Timur, Kabupaten ini menyimpan sejuta pesona dan panaroma alam yang menakjubkan dan tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui akan keindahan dan tempat keren yang ada di Ngawi. Jika Anda punya rencana untuk berlibur ke Ngawi, Jangan khawatir akan keindahannya, Kabupaten ini menawarkan cukup banyak wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Berikut saya akan membahas mengenai tempat-tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika berkunjung ke Ngawi, yuk kita simak bersama..:)

1. Bukit Kerek Indah

NGAWI – Selfie menjadi sebuah kegiatan yang tentunya asyik dan menyenangkan apalagi dengan background yang unik, indah, atau pemandangan yang memukau. Jembatan Selfie Baru di Bukit Kerek Indah Ngawi, tepatnya di dusun Poncol, desa Kerek, Kecamatan Ngawi terdapat sebuah tempat wisata baru yang dibangun oleh warga sekitar. Hal ini bermula ketika warga desa ingin mengembangkan potensi wisata yang ada di daerahnya.


Jembatan Selfie dengan ketinggian 20 meter diatas bukit Kendeng ini dibangun secara swadaya oleh penduduk desa Kerek. Dibuat dengan menggunakan bambu dan berpondasi beton, jembatan selfie ini sudah ramai dikunjungi oleh warga dari desa lain dan bahkan dari kabupaten sekitar Ngawi. Rata – rata mereka mengetahui keberadaan menara ini dari media sosial.


Pemandangan yang bisa dinikmati dari atas Jembatan Selfie ini adalah hamparan hutan yang membentang dan sungai Bengawan Solo, bahkan jika kamu beruntung juga bisa melihat sunset. Warga setempat saat ini belum mematok tarif khusus, namun disediakan kotak dana (Rp. 2000) dan pengunjung bebas berfoto di jembatan.

2. Kebun Teh Jamus

Kebun Teh Jamus merupakan perkebunan teh peninggalan penjajah Belanda, terletak di Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, termasuk lereng Gunung Lawu.

Konon memiliki pemandangan yang indah, cocok untuk refreshing melepas penat di akhir pekan.Kebun Teh Jamus Jatim mempunyai luas wilayah sebesar 478.2 hektar.


Luas tanah yang ditanami teh seluas 460 hektar, sedangkan sisanya, yaitu 60.2 hektar, ditumbuhi oleh tanaman pohon dengan batang kayu besar.Sehingga dengan adanya pepohonan rindang, kawasan Kebun Teh Jamus Ngrambe terasa semakin sejuk. Selain karena memang hawa udara yang terasa dingin. Di kebun teh ini, Anda akan mendapatkan pengalaman baru seputar berkebun di perkebunan teh yang amat luas ini. Bila Anda beruntung, Anda dapat menyaksikan proses pemetikan daun teh yang dilakukan oleh para petani. Selain itu, Anda juga dapat melihat proses pengolahan mulai dari awal pengangkutan teh ke rumah olah, sampai dengan teh siap minum. 

Sebagai buah tangan keluarga, Anda juga bisa membeli teh yang diperjualbelikan di sekitar lokasi perkebunan. Ada banyak macam teh yang bisa Anda nikmati di lokasi Kebun Teh Jamus Jawa Timur. Ada black tea (teh hitam), white tea (teh putih), green tea (teh hijau), dan benalu teh yang terkenal berkat kemampuannya sebagai obat. Ada pula berbagai jenis madu yang bisa Anda minum. Warung-warung terdekat yang berada di kebuh teh pun menyediakan aneka cemilan atau makanan dengan minuman tehnya yang khas. 

Di samping view utama tempat ini yaitu kebun teh, ada beberapa wisata yang disediakan oleh pengelola. Tempat-tempat tersebut berada di dalam area dan termasuk wahana wisata tambahan yang bisa dinikmati pengunjung. Namun, ada juga panorama kebun teh yang unik. Tempat tersebut sebenarnya sama saja dengan tempat lain di perkebunan ini. Hanya saja, bukit kecil yang ditempati oleh puluhan tanaman teh ini berbentuk piramida. Pohon teh tertata rapi dengan hijaunya, serta jalan-jalan setapak di samping kiri kanannya yang terlihat coklat, membuat sekilas piramida ini berbentuk seperti Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Oleh sebab itu, letak Kebun Teh Jamus Ngawi yang berterasering ini dinamakan Borobudur Hill atau Bukit Borobudur. Namun jangan sampai salah tempat ya, menyebut nama Bukit Borobudur kemudian mengarah ke Kabupaten Magelang, karena Magelang juga mempunyai Bukit Borobudur. Bukit Borobudur di Ngawi adalah Kebun Teh Jamus.

3. Gapura Mushola Ponpes Pak Soli

Gapura Sulur Ponpes Haji Soli, Letaknya di Dusun Kepuh, Desa Gerih, Ngawi. Kalau kalian berkunjung disana gak ditarik tiket masuk, tapi kalian bayar biaya parkir Rp 2000 setiap motornya. Lumayanlah, 2000 udah bisa dapet foto-foto asoy di gapura ini. Tapi kalian harus pinter-pinter moto, biar nanti hasilnya bagus.  Awalnya gapura ini hanyalah gapura biasa sebelum virus instagram menyerang. Jadi di Ngawi itu ada mbak-mbak hits instagram yaitu mbak @aniswidi.


Dialah yang akhirnya mempopulerkan tempat ini bersama mbak helen. Mbak anis dan mbak helen sepertinya memang hobi banget namanya hunting foto dan explore Ngawi, sampai pada suatu saat mereka sowan ke Pak Haji Soli yang notabene adalah pemilik ponpes. Karena melihat gapura yang instagramable akhirnya mereka berdua foto dan diuploadlah ke instagram. Setelah beberapa hari diupload foto tersebut masuklah ke @explorengawi dan gapura tersebut banyak didatangi para muda-mudi di Ngawi. Kira-kira begitulah sejarahnya.

4. Air Terjun Pengantin



Kabupaten Ngawi memiliki sebuah destinasi wisata air terjun yang masih perawan dan belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Warga setempat menyebutnya dengan nama Air Terjun Pengantin, yang memiliki tinggi sekitar 12 meter. Uniknya, air terjun ini berasal dari sumber yang berbeda, yang satu dari sungai lahar Gunung Lawu, sedangkan yang lain dari sumber mata air setempat. Karena keberadaannya yang bersandingan seperti halnya pria dan wanita itulah mengapa warga sekitar mengganti namanya dari Grojogan Ndungji atau Jumog menjadi ATP.


Air terjun di Kecamatan Ngrambe tersebut menawarkan pemandangan yang berbeda. Kawasannya benar-benar masih alami dengan nuansa yang sejuk dan nyaman. Anda bisa mendengar gemercik suara airnya yang seolah mengajak berbicara. Anda pun dapat mandi dan berenang di bawah air terjun serta menikmati suasana hutan di sekitarnya.
Objek wisata yang baru diresmikan enam tahun silam oleh Pemerintah Kabupaten Ngawi ini sangat membantu perekonomian warga setempat. Apalagi dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan pada jumlah pengunjung. Menurut salah satu perwakilan dari KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) Tirto Hargo Kencana, di hari biasa ada sekitar 300 pengunjung yang datang, sementara pada hari libur membludak hingga 1000 orang. KSM Tirto Hargo Kencana sendiri adalah kelompok masyarakat yang mengelola air terjun tersebut.

5. Air terjun Srambang

     Air Terjun Srambang, terletak di lereng Gunung Lawu, di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Objek tersebut berada di tengah hutan pinus yang dikelola Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds, tepatnya di RPH Manyol, BKPH Lawu Utara. Sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Ngawi. Untuk menuju Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, tidaklah sulit. Daerah tersebut dapat ditempuh dari dua arah. Yakni Madiun-Ngawi-Jogorogo atau bisa juga dari Sragen, Jawa Tengah-Ngawi-Jogorogo.


Hal ini karena memang Gunung Lawu merupakan daerah perbatasan Provinsi Jawa Timur dengan Jawa Tengah.Hingga daerah Kecamatan Jogorogo, perjalanan dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, karena jalan telah beraspal. Setelah itu, untuk sampai di lokasi air terjun, para wisatawan harus melalui jalan desa yang aspalnya belum sehalus jalan utama.

Meski demikian, selama berjalan tersebut, para wisatawan akan disuguhi pemandangan yang menakjubkan tentang hijaunya pepohonan lereng gunung lawu yang indah serta segarnya udara pegunungan yang masih alami.

Perjalanan menuju air terjun dari pos retribusi diperkirakan membutuhkan waktu setengah jam hingga satu jam lamanya. Cukup melelahkan memang. Namun, rasa lelah tersebut akan segera hilang manakala tubuh terkena percikan kesejukan air pegunungan.

Sesekali langkah kaki pengunjung akan terputus dengan aliran sungai kecil, sehingga harus meloncat dari satu batu ke batu lainnya agar tidak basah. Namun, banyak wisatawan yang justru bermain-main di sungai kecil tersebut, hanya karena tak sabar ingin merasakan kesejukan air di wilayah pegunungan tersebut.

Air Terjun Srambang memiliki ketinggian air sekitar 25 meter dengan kedalaman kolam sekitar 1 meter. Guyuran air dari Air Terjun Srambang memang sangat terasa dingin dan menyegarkan. Terlebih, setelah tubuh terasa penat sehabis menempuh perjalanan berat penuh tanjakan sebelumnya. Tak ayal, banyak wisatawan yang mandi di bawah guyuran air terjun tersebut.

 

6. Air Terjun Suwono

        Air Terjun Suwono adalah destinasi wisata yang berlokasi di Dusun Ngetrep, desa Hargomulyo, masuk kecamatan Ngrambe, Ngawi, Jawa Timur. Bagi anda yang ingin merasakan hawa sejuk pegunungan disertai pemandangan nan indah dan elok anda bisa datang ke tempat yang satu ini. Di jamin semua rasa stres dan penat anda seketika langsung hilang saat anda sampai ke Air Terjun Suwono.



Obyek wisata yang terletak di lereng Gunung Lawu ini menawarkan pemandangan air terjun yang bisa membuat anda kagum, Walaupun memang agak terpencil dan tersembunyi justru hal inilah yang makin disukai oleh para wisatawan karena jika anda datang kesana, anda tidak perlu melihat banyak kerumunann orang dan bisa semakin leluasa menikmati panorama yang ada di sekitar air terjun.

Kondisi air terjun di sini juga untungnya tidak deras seperti air terjun yang lain, airnya mengalir menuruni bebatuan yang terlihat berkilauan terkena sinar matahari. Suara gemericik air juga semakin menambah nuansa adem apalagi letaknya yang di lereng gunung membuat anda bisa mendengarkan berbagai kicauan burung di sekitar anda. Untuk bisa mencapai air terjun tersebut memang tidak lah mudah, anda harus menempuh jalan yang berkelok dan menanjak, namun semua perjuangan berat anda seketika langsung terbayar sesampainya anda di sana.

Penggemar wisata alam akan sangat menikmati Air Terjun Suwono karena di sini pemandangan hijau nan asri akan anda temukan sepanjang mata melihat, selain itu anda juga bisa melakukan beberapa kegiatan yang menyenangkan seperti berendam dan bermain air di sungai yang ada di bawah air terjun atau juga mendirikan kemah. Bermalam di Air Terjun Suwono akan memberikan sensasi tersendiri karena tidak hanya pemandangan indah yang bisa kalian temukan saat siang hari namun pada malam hari anda bisa melihat indahnya bintang-bintang yang terlihat jelas karena letak air terjun ini yang jauh dari polusi cahaya tengah kota.

 

7. Hutan Pinus Suwono

Hutan pinus merupakan contoh ekosistem taiga, yang memiliki daun jarum. Di sisi lain pinus pinus menghasilkan hal lain yang bermanfaat dan bernilai tinggi. Ranting yang berjatuhan dijadikan kayu bakar oleh masyarakat sekitar, mengingat banyak sekali ranting yang dapat kita temukan di kawasan hutan pinus tersebut. Kemudian getah dari pohon pinus diambil untuk dimanfaatkan menjadi berbagai macam olahan seperti kosmetik dan lain sebagainya. Kemudian menjadi tujuan wisata yang dapat merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. 

Hutan pinus yang ada di indonesia tepatnya di Hargomulyo, Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur kini tengah di gandrungi para wisatawan karna keindahannya. Apalagi jika kalian para pecinta spot foto yang menarik dan indah dengan nuansa alam yang sejuk dan rimbun, maka tidak ada salahnya jika anda berkunjung ke Hutan Pinus Suwono ini.  

8. Goa Lowo ngawi

Goa Lowo ngawi Kab Ngawi terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Tepatnya di  kawasan Waduk Pondok Ngawi, Ngawi. Wisata Goa Lowo di Ngawi adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Wisata Goa Lowo di Ngawi memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Ngawi tidak mengunjungi Wisata Goa Lowo ini yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.



Wisata Goa Lowo di Ngawi sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan Wisata Goa Lowo di Ngawi ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Goa Lowo ini.

 

9. Gunung Warak

Gunung Warak terletak di kecamatan Sine kabupaten Ngawi, Digadang-gadang sebagai lokasi yang masih sangat alami. Gunung Warak dijelaskan oleh penduduk setempat juga masih memiliki habitat binatang yang lengkap. Diperindah dengan barisan hutan pinus yang eksotik. Benar-benar menjadikan pemandangan alam ini tampak ‘wow’ dan suasana keteduhan alamnya mampu memanjakan diri setiap pengunjung. 



Di puncak Gunung Warak akan ditemukan spot-spot favorit. Di mana bentangan daratan Kabupaten Ngawi dapat diseksamai dari ketinggian ini. Ketinggian yang cukup memanggil adrenalin kita. So, wajar banget deh, kalau kekaguman para pengunjung semakin menjadi-jadi ketika sudah sampai sini. Akses jalan menuju ke puncak juga sudah dipermudah dengan jalan beraspal sehingga pengunjung bisa menuju ke lokasi puncak dengan kendaraan bermotor dan dilanjut dengan sedikit jalan kaki. Sempurna. 

Puncak Warak dan Stasiun Relay Pacu Adrenalin. Adrenalin masih bisa dipacu dengan sensasi pendakian Tower Stasiun RelayGuys. Semakin terasa sempurna melihat ujung demi ujung wilayah Ngawi dari puncak ketinggian. Namun tingkat kehati-hatian perlu ditingkatkan juga, pasalnya di tower ini tidak ada pengamanannya. Cukup berbahaya dan mengundang resiko yang besar. Selain keberanian yang ekstra harus diimbangi dengan kewaspadaan tingkat dewa

10. Bumi Perkemahan Selo Ondo

Bumi Perkemahan Selo Ondo terletak di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, berjarak 30 Km dari pusat kota Ngawi. Letaknya yang berada di kaki Gunung Lawu membuat Selo Ondo memberikan hawa yang sangat sejuk dan nyaman. Selo Ondo berasal dari kata selo(jawa) yang mempunyai arti batu dan ondo(jawa) yang mempunyai arti tangga, Selo Ondo berarti tangga batu, namun banyak juga yang menyebutnya Selondo. Kawasan ini biasa digunakan sebagai Bumi Perkemahan (buper) oleh berbagai komunitas. 

Pemandangan yang indah berlatar belakang hutan pinus serta kesejukan udara pegunungan mendukung kegiatan adventure dan penjelajahan serta out bond. Medannya yang naik turun cocok untuk menguji kekuatan fisik para pengikut organisasi kemanusiaan maupun kemasyarakatan. Terdapat pula sebuah sungai yang indah dengan jembatan layang yang membelah sungai tersebut, terdapat pula area rock climbing bagi yang punya nyali dan bernuansa meningkatkan adrenalin.

Dalam satu area Wisata Bumi Perkemahan Selo Ondo Desa Wisata Ngrayudan ini terdapat beberapa hal menarik yang juga bisa kamu kunjungi, seperti :
  1. Situs Mosinan Kijang
  2. Sanggar Tari Budaya Ngrayudan
  3. Sendang Keputren
  4. Watu Bungkus,dan
  5. juga Taman Wisata Hutan Segawen serta River Tubing Kali Cunthang yang tidak jauh dari Selo Ondo.
Adapun beberapa fasilitas di Wisata Selo Ondo ini adalah sebagai berikut:
  1. Kolam Renang Selo Ondo
  2. Bumi Perkemahan
  3. River Tubing Anak
  4. Air Terjun
  5. Pemandangan Hutan Pinus
  6. Spot Foto Tulisan Selo Ondo
Itulah beberapa tempat-tempat wisata yang hitz di Ngawi yang wajib kamu kunjungi, sekian dari penulis bila ada salah tulis di kolom komentar ya :),,

0 komentar:

Posting Komentar